Gambar Bernilai Ribuan Kata

Perilaku kita adalah reaksi terhadap apa yang kita lihat. Itulah sebabnya fotografi makanan merupakan bagian penting dari marketing di industri makanan. Ini akan memicu perilaku pelanggan anda dan akan meningkatkan penjualan karena godaan atau ketertarikan.

Anda mungkin tidak perlu menyewa seorang fotografer profesional untuk melakukan semua itu. Di bawah ini adalah beberapa tips dan trik untuk memotret makanan anda seperti seorang profesional.

 

Tip #1 – Gunakan Pencahayaan Alami

Sebagian besar restoran memiliki jendela. Sebagian besar jendela memiliki banyak cahaya alami. Cahaya alami adalah salah satu sumber daya yang paling dicari oleh seorang fotografer, terutama dalam hal fotografi makanan.

Yang Anda butuhkan hanyalah satu sumber cahaya. Pencahayaan yang datang dari belakang atau samping biasanya menciptakan pencahayaan terbaik dari makanan sambil mengurangi bayangan dan menyoroti tekstur bahan-bahannya.

Jangan pernah gunakan flash

 

Tip #2 – Sederhana

Foto close-up dari makanan untuk menunjukkan identitas makanan itu sendiri. Latar belakang dan meja polos lebih disukai daripada banyak variasi. Semakin sedikit bahan dan variasi di piring semakin baik. Orang-orang yang melihat fotografi makanan senang bisa sekadar mengidentifikasi apa makanan itu. Dengan fokus pada makanan, latar belakang tidak boleh lebih dominan.

 

Tip #3 – Posting di Akun Sosial Media

Salah satu tren terbaru di media sosial adalah orang-orang memposting gambar makanan mereka. Kita semua suka mengagumi dan mengeluarkan air liur atas kreasi luar biasa para koki di restoran. Itu bisa datang dari konsumen atau restoran itu sendiri.

Bagi pengguna media sosial untuk dengan mudah menelusuri feed dari konsep yang sama, tagar adalah cara yang harus dilakukan. Memasukkan tagar penting jika Anda mencoba menumbuhkan pengikut Anda dengan fotografi makanan yang terlihat lezat.

Berikut ini adalah tagar makanan paling populer:

#foodie #foodporn #photooftheday #instafood

 

Tip #4 – Tambahkan Sedikit Sentuhan

Kami tahu bahan-bahan Anda segar, tetapi itu tidak selalu diterima dengan sempurna ke kamera. Contoh : Untuk membuat salad atau sayuran anda terlihat segar dan menarik, tambahkan sedikit sentuhan seperti minyak atau cipratan air. Minyak atau air akan memberikan efek kesegaran pada produk anda.

 

Tip #5 – Pastikan Wadah Anda Bersih dan Latar Belakang Anda Rapi

Ini mungkin tidak perlu diragukan lagi, tetapi kebersihan piring sangat berpengaruh dalam fotografi makanan. Sedikit noda atau bahan yang menyimpang dapat mengurangi fokus utama gambar. Itulah sebabnya beberapa fotografer makanan paling terkenal menggunakan pinset saat menangani dan menempatkan makanan di suatu tempat.

Demikian pula, latar belakang polos paling baik digunakan untuk tidak mengalihkan perhatian dari makanan. Latar belakang fotografi makanan yang paling populer adalah latar belakang gelap, latar belakang terang, dan kayu. Latar belakang netral tidak harus sepenuhnya polos, tetapi tidak mengurangi subjek utama foto.

 

Baik anda suka fotografi atau tidak, trik-trik sederhana ini akan membantu anda dalam fotografi makanan.

Ketika konsumen datang ke situs web ataupun social media anda, gambar-gambar ini sangat penting. Mereka juga penting untuk layar pemesanan online atau layar toko Anda, sehingga pelanggan tahu betapa lezatnya makanan anda sebelum mereka memesan. Dengan menggunakan aplikasi kasir restoran ZeePOS anda dapat mengunggah foto luar biasa ke menu anda dari mana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *