Toko Anda Memasang Wi-Fi? Ketahui Trik Pemasangan Wi-Fi yang Tepat untuk Menarik Konsumen

Pemasangan wi-fi (wireless fidelity) sejatinya berperan sebagai sarana untuk mempermudah kegiatan operasional bisnis, mulai dari mengirimkan email hingga dokumen penting. Di samping kebutuhan tersebut, Anda juga dapat memasang wi-fi di toko Anda untuk meningkatkan traffic konsumen dan sales. Oleh karena itu, wi-fi yang terpasang harus dapat berfungsi dengan baik di setiap kondisi. Nah, aspek-aspek apa saja yang harus diketahui agar wi-fi yang terpasang dapat berfungsi secara optimal?

Pasang Wi-Fi Heatmapper

Karena tidak semua router terdistribusi secara sempurna, maka tidak semua titik di toko Anda mendapatkan kekuatan sinyal wi-fi yang setara. Anda pernah memperhatikan mengapa koneksi di dekat mesin kasir lebih kuat dibandingkan pada back store? Ini karena kekuatan sambungan wi-fi yang tidak dapat menjangkau semua titik dengan kecepatan sambungan yang sama. Anda dapat mencegahnya dengan memasang program wi-fi heatmapper sehingga Anda bisa menentukan pemasangan komputer dan sistem di titik tertentu atau Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memasang router atau extender lain. Anda dapat mengamati titik akses beserta pemetaan yang rinci sehingga tidak ada masalah sambungan jaringan.

Hindari Dinding dan Temukan Posisi yang Baik

Hindari memasang wi-fi pada titik tertentu yang dapat memblok sinyal, seperti dinding, barang elektronik, dan logam. Jangan meletakkan router wi-fi di lantai, karena sinyal wi-fi akan bergerak ke arah samping dan ke bawah akan tetapi tidak ke atas. Pastikan bahwa antena yang terdapat pada wi-fi router mengarah ke atas sehingga sinyal yang diterima kuat.

Pasang Extender

Jika toko Anda merupakan gedung yang besar, maka Anda membutuhkan lebih dari satu titik konektivitas. Gunakan wi-fi range extender untuk memudahkan pendistribusian sinyal pada kegiatan operasional bisnis Anda.

Gunakan Opsi WPA2

Setelah berhasil memasang wi-fi, pikirkan perlindungan terhadap transmisi data lewat wi-fi. Data yang dijebol akan sangat berbahaya bagi keberlangsungan bisnis Anda, apalagi jika data tersebut dimanfaatkan oleh kompetitor untuk hal yang merugikan. Ketika Anda memasang wi-fi, pilih opsi WPA2 yang merupakan standar enkripsi wi-fi yang kuat untuk menjaga kerahasiaan data bisnis Anda dari penyintas.

Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Pasang kata sandi yang kuat dan mudah diingat oleh Anda. Tambahkan karakter yang bukan hanya angka atau huruf untuk mempersulit penjebolan akun. Bedakan kata sandi untuk tiap pegawai di toko Anda sehingga tidak ada data sensitif yang disalahgunakan.

Hentikan Pembagian File yang Ilegal

Jangan membiarkan konsumen Anda untuk mengunduh file ilegal menggunakan sambungan wi-fi di toko Anda. Karena, jika hal ini terjadi maka nama baik bisnis Anda bisa dipertaruhkan. Berikan informasi kebijakan privasi bagi tiap konsumen sebelum mengakses browser menggunakan wi-fi Anda. Gunakan juga firewall untuk memblok traffic tertentu sehingga konsumen tidak dapat mengunduh apapun.

Pererat Hubungan Anda dengan Konsumen Melalui Wi-Fi

Penggunaan wi-fi di toko Anda dapat dijadikan sebagai peluang untuk meningkatkan shopping experience sehingga sales di toko Anda meningkat. Rancang laman log-in yang baik untuk menarik perhatian konsumen sehingga mereka merasa menerima reward karena telah membeli produk Anda. Selain itu, bangun interaksi dengan konsumen melalui penawaran program loyalitas melalui laman log-in.

Dengan mengetahui trik memasang wi-fi dengan tepat, Anda dapat mempertahankan retensi konsumen dan meningkatkan kepuasan berbelanja mereka sehingga profit toko Anda semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *