Tips Marketing: Menyusun Strategi Penjualan yang Tepat ke Baby Boomers

Baby boomers grandma

Ketika Anda menyusun strategi penjualan berdasarkan data demografi konsumen, sudahkah Anda mempertimbangkan alokasi dari strategi marketing Anda ke baby boomers? Jauh dari Generasi Millenial, Generasi baby boomers berada di rentang usia 52 – 71 tahun. Generasi baby boomer melakukan kegiatan berbelanja yang turut berkontribusi dalam sales toko Anda, jika Anda mengetahui cara yang tepat untuk menarik perhatian mereka. Bagaimanakah cara mempertimbangkan mereka ke dalam strategi penjualan?

 

Cari Tahu Bagaimana Mereka Mengisi Waktu Luang

Baby boomer dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu generasi leading boomers yang lahir antara tahun 1946 -1955 dan trailing boomers yang lahir di tahun 1956 – 1964. Generasi trailing boomer kemungkinan besar masih bekerja dan memiliki anak sebagai tanggungan. Mereka juga cenderung menghabiskan uang mereka untuk berbelanja kebutuhan pokok, furnitur rumah, kesehatan, dan hiburan. Sementara itu, generasi leading kebanyakan sudah berada pada masa pensiun dan memiliki pendapatan tetap. Strategi pemasaran yang dapat menarik perhatian mereka harus berpusat pada hobi dan barang unik dengan sentuhan seni seperti perhiasan dan kado lainnya ataupun hewan peliharaan.

Fokus pada Personal Engagement

Baby boomers lebih menyukai berbelanja pada toko offline dengan lokasi terdekat (shop-in-store) dengan sisanya cenderung menginginkan ketersediaan produk pada platform online. Berangkat dari kebiasaan ini, Anda dapat merancang strategi untuk meningkatkan kualitas layanan customer service. Berbeda dengan generasi Millenial kebanyakan yang tidak memiliki waktu untuk berbelanja secara offline, generasi baby boomer kebanyakan tidak memiliki aktivitas reguler sehingga lebih dapat menghabiskan waktu untuk menelusuri produk di toko. Mereka akan nyaman dalam berinteraksi dengan petugas toko untuk memperoleh informasi dan petunjuk pembelian sehingga penting bagi petugas toko dalam mengedepankan komunikasi personal.

Baby Boomers juga Suka Teknologi

Baby boomers juga suka meng-update informasi di akun media sosial mereka dengan Facebook sebagai platform unggulan. Anda dapat merancang strategi pemasaran produk melalui akun Facebook, seperti membuat Facebook Ads dengan generasi baby boomers sebagai target utama. Mereka juga terkadang akan menelusuri lebih lanjut situs yang mereka dapatkan dari referensi di akun sosial media. Anda dapat merancang landing-page dengan kategori usia tertentu untuk mendorong traffic dari generasi ini.

Buat Laman Website Sederhana  

Baby boomers tidak terlalu update dengan istilah kata yang digunakan kaum millenial. Mereka juga tidak terlalu mengikuti tren desain terkini, jadi penting bagi Anda dalam menyesuaikan selera desain dan layout laman website Anda sesederhana mungkin. Hindari penggunaan jenis huruf yang terlalu mencolok dan tidak terbaca. Susun informasi secara lebih rapi agar mudah ditemukan dan diakses. Jangan melibatkan banyak tahapan menuju proses checkout apabila Anda memiliki website e-commerce.

Boomers Suka Dihargai

Berbeda dengan generasi millenial yang berbelanja sebagai hobi, generasi baby boomers berbelanja untuk tujuan relaksasi. Dengan demikian, Anda dapat memberikan suatu hadiah melalui program loyalitas untuk mengapresiasi mereka yang sudah meluangkan waktu ke toko Anda. Buat program loyalitas yang mudah dimengerti dan tepat sasaran. Anda juga dapat menggunakan perhitungan uang sebagai basis program loyalti dibandingkan menggunakan istilah poin yang membingungkan mereka. Ketika Anda sudah membuat mereka merasa dihargai, mereka tidak akan ragu untuk kembali berbelanja di toko Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *