Sudah Siapkah Bisnis Ritel Anda Berekspansi?

Buku ritel pilihan 2019 ala Zeepos

Jika bisnis ritel yang Anda jalankan sudah berada di posisi “aman”, silakan berbangga karena Anda dapat bertarung di level permainan selanjutnya, yaitu ekspansi. Ekspansi penting dilakukan mengingat tingkat persaingan bisnis ritel yang juga mencakup kalangan asing seperti dilansir dari SindoNews. Tidak perlu khawatir dengan kata “ekspansi” selagi bisnis Anda masih bersifat profitable dan stabil. Bagaimanakah kiat melangsungkan ekspansi yang akan berguna bagi kemajuan bisnis ritel Anda? Simak kiat ekspansi bisnis ritel berikut ini!

  1. Ekspansi dengan Memperluas Lokasi

Ketika Anda memperluas jangkauan keberadaan toko Anda dengan membuka banyak cabang toko, sebenarnya Anda juga sudah berupaya dalam menjangkau konsumen potensial dan meningkatka”n brand awareness. Kendati demikian, keberhasilan Anda dalam memperluas toko bergantung pada strategi lokal, proses, dan teknologi yang Anda gunakan. Gunakan strategi menarik konsumen yang berbeda pada lokasi toko yang berbeda dengan menekankan pada perbedaan tradisi dan budaya setempat. Selain itu, gunakan jenis teknologi yang seragam untuk memastikan kesamaan efisiensi dan pengelolaan yang baik pada tiap cabang toko.

  1. Ekspansi dengan Membuka Channel Baru

Jika Anda segan untuk memperluas jangkauan brand Anda dengan membuka toko baru, maka bukalah channel baru untuk menampung produk yang lebih beragam. Taktik ini dapat meningkatkan jangkauan konsumen potensial. Bukalah pasar online, aplikasi mobile, atau gunakan akun instagram serta media sosial lainnya untuk mengadakan promo dan pengenalan produk baru (product launch).

  1. Tingkatkan Kualitas Produk dan Penawaran Layanan

Dengan menambahkan produk dan meningkatkan kualitas layanan ke dalam bisnis, Anda dapat meningkatkan pertumbuhan brand setahap demi tahap. Misalnya jika toko Anda bergerak dalam produksi baju wanita, sediakan pula baju wanita pada tiap tahap perkembangan mereka (pakaian untuk anak-anak, remaja, dewasa, ibu hamil, dan lanjut usia). Tawarkan layanan seperti layanan kecantikan atau perawatan kecil-kecilan agar mereka betah menjelajahi toko.

  1. Ekspansi ke Pasar Lain

Cara lain untuk berekspansi adalah dengan memperluas jangkauan target pasar bagi produk tertentu. Perhatikan demografi konsumen reguler Anda untuk menentukan target potensial konsumen pada demografi yang berdekatan. Perhatikan tuntutan dan jangan lupa untuk melakukan riset untuk memberikan nilai personifikasi pada demografi yang berbeda.

  1. Buka Toko Pop-up

Jika Anda berniat untuk melakukan ekspansi ke lokasi yang berbeda akan tetapi terbatas dalam masalah dana, coba bukalah toko pop-up. Keuntungannya adalah Anda dapat menguji terlebih dahulu apakah lokasi tersebut patut dipertimbangkan untuk menjadi lokasi berjualan yang permanen. Observasi performa penjualan pada berbagai lokasi yang diuji lalu putuskan langkah selanjutnya untuk membuka toko pada lokasi baru.

  1. Kolaborasi dengan Bisnis Lain

Cara terakhir yang patut dipertimbangkan dalam ekspansi adalah dengan ber-partner dengan bisnis yang merupakan target pasar Anda. Hal ini sangat menguntungkan bisnis Anda karena partner Anda sudah memiliki aset dan sumber untuk mendukung strategi ekspansi Anda. Anda tidak perlu merancang produk dari scratch, akan tetapi Anda dapat menciptakan kerjasama yang bersifat win-win. Cari partner yang juga dapat memenuhi suatu value produk ke dalam hidup konsumen Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *