Tips Ritel: Meningkatkan Sales dengan Diskon Tanpa Harus Kehilangan Profit

Shopping with Credit Card

Diskon merupakan strategi ampuh dalam meningkatkan sales secara instan. Semua konsumen menyukai toko yang memberikan diskon, meskipun toko tersebut tidak menyediakan produk yang benar-benar dibutuhkan. Kendati demikian, diskon yang tidak dibuat melalui pertimbangan menyeluruh akan menggerus profit toko Anda secara perlahan. Meningkatkan sales dengan diskon selayaknya dilakukan terlebih dahulu mempertimbangkan tujuan bisnis Anda. Bagaimana strategi meningkatkan diskon tanpa harus kehilangan profit?

Tentukan Tujuan

Ketika akan menetapkan diskon, terlebih dahulu tentukan tujuan diberikannya diskon pada konsumen. Apakah dengan diberlakukannya diskon toko Anda dapat menarik konsumen baru atau dapat mempertahankan konsumen lama? Apakah Anda ingin menghabiskan stok yang sudah lama tersimpan? Jika tujuan diskon Anda dimaksudkan untuk menarik konsumen baru, maka lakukan diskon secara agresif. Sedangkan, jika Anda ingin mempertahankan konsumen lama, maka tambahkan personal touch pada diskon denga sasaran utama berupa konsumen lama. Dengan menentukan tujuan diskon, Anda dapat memutuskan jenis produk yang dikenakan potongan harga, kapan memberlakukannya, dan seberapa besar potongan harga produk.

Buat Segmen Pembeli dan Tetapkan Strategi

Telusuri kembali riwayat pembelian konsumen berdasarkan preferensi mereka (customer management system) ketika berbelanja ke toko Anda. Hal ini bertujuan untuk membangun basis konsumen sehingga target pemasaran dan pemberian diskon jelas. Buat profil konsumen yang menegaskan sensitivitas harga dan kebiasaan berbelanja sebagai senjata untuk menentukan jenis diskon ke tiap konsumen yang berbeda.

Tentukan Timing yang Pas

Selain relevansi, faktor timing juga penting untuk diperhatikan dalam pemberian diskon. Layangkan diskon tepat ketika konsumen membutuhkan produk sehingga laju konversi konsumen meningkat. Telusuri kembali riwayat pembelian konsumen berdasarkan waktu. Apakah mereka cenderung berbelanja di toko Anda pada awal atau akhir bulan? Pertimbangkan waktu tersebut untuk merancang saat yang tepat dalam memberikan diskon. Pada akhirnya, Anda dapat merancang rekomendasi produk yang relevan bagi konsumen.

Perhatikan Margin

Agar Anda tidak kehilangan banyak profit dari diskon, tentukan margin yang tepat bagi tiap produk. Jika Anda merancang diskon besar-besaran, mungkin margin tidak lagi dipentingkan karena tujuan Anda kini telah berpusat pada akuisisi konsumen. Selalu perhatikan margin yang tepat karena tujuan pemberian diskon tetap berujung pada pembelian yang seharusnya menguntungkan bagi Anda.

Terapkan Harga Berdasarkan Faktor Psikologi

Cara lain untuk memberlakukan diskon tanpa harus kehilangan banyak profit adalah dengan menerapkan aspek psikologi konsumen ke dalam strategi Anda. Banyak brand yang telah menetapkan taktik agar produk yang dijual cepat laris. Anda dapat menjual produk lain pada harga yang lebih rendah ketika konsumen telah membeli produk yang ditetapkan dengan jumlah tertentu.

Sorot Diskon pada Produk Keluaran Terbaru

Jika tetap tidak ingin kehilangan profit ketika menerapkan diskon, ada baiknya Anda menempatkan barang secara tepat. Letakkan barang diskon pada bagian belakang rak dan susun barang baru tanpa diskon di etalase. Anda tetap menginformasikan diskon di toko Anda, akan tetapi Anda juga secara tidak langsung telah mendorong konsumen untuk mencoba barang baru yang dipajang di etalase.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *