Kenali Tipe Konsumen Ritel Anda dan Buat Mereka Kembali

Tipe konsumen ritel

Salah satu hal yang menarik dari kegiatan jual-beli adalah menangani konsumen dengan karakter yang berbeda-beda. Dari mulai konsumen yang easy-going tanpa memiliki keinginan untuk membeli hingga konsumen yang sudah menetapkan misi untuk membeli produk dan langsung keluar toko tanpa ingin menelusuri produk lain. Konsumen dengan tipe karakter yang berbeda membutuhkan tipe penanganan yang juga berbeda. Sebagai penjual, kenali tipe konsumen yang masuk ke toko Anda agar mereka kembali berbelanja di kemudian hari.

  • Tipe Well-Informed (Update tentang Informasi Produk)

Karakteristik:

Konsumen ini jeli untuk melakukan riset sebelum memutuskan untuk membeli produk. Mereka rajin membaca deskripsi produk, perbandingan harga, dan ulasan produk.

Trik:

Lancarkan promosi produk Anda secara online dan tingkatkan brand awareness pada mereka saat fase riset. Sediakan informasi yang berguna dan mereka butuhkan sehingga mereka akan lebih terdorong untuk mencoba produk.

  • Tipe Showroomer (Muncul Ketika Harga Murah)

Karakteristik:

Konsumen ini hanya akan membeli produk jika harga produk tersebut lebih murah dibandingkan dengan harga produk online. Umumnya, mereka mengandalkan aplikasi pembanding harga untuk melancarkan misinya.

Trik:

Pentingkan suatu nilai produk dan tawarkan program loyalitas atau kemudahan pembelian melalui toko Anda. Tinjau taktik untuk mendapatkan selling point dari sudut pandang berbeda.

  • Tipe Wanderer (Hanya Melihat-lihat)

Karakteristik:

Konsumen ini hanya akan berkelana di toko karena produk Anda menarik perhatian tanpa ada maksud untuk membeli.

Trik:

Sapa mereka dengan ramah dan tawarkan produk baru sebagai sarana pengenalan agar mereka menjadi impulse buyer.

  • Tipe On-Mission (Sudah Punya Tujuan)

Karakteristik:

Konsumen ini sudah merencanakan produk yang akan dibeli.

Trik:

Buat proses pembelian berjalan semudah mungkin dan hindari hal kecil yang menghambat proses checkout.

  • Tipe Indecisive (Mudah Bingung)

Karakteristik:

Konsumen ini tidak dapat menentukan produk yang akan dibeli karena belum atau bingung dalam menentukan pilihan.

Trik:

Berikan informasi produk yang lengkap dan jelas serta ketahui kriteria produk apa yang mereka butuhkan. Sediakan pro dan kontra produk Anda jika mereka mulai membandingkan produk Anda dengan produk kompetitor.

  • Tipe Bargain Hunter (Belanja Saat Ada Diskon)

Karakteristik:

Konsumen ini hanya akan membeli produk ketika ada potongan harga dan tidak peduli pada kebutuhan maupun brand loyalty.

Trik:

Buat promo yang bermanfaat bagi mereka dan jelaskan bahwa produk Anda terjamin kualitasnya meskipun harganya murah.

  • Tipe Chatty (Suka Berbicara)

Karakteristik:

Konsumen ini memiliki antusiasme tinggi untuk berbicara dengan petugas toko, baik membahas topik terkait produk atau hal lain yang tidak relevan.

Trik:

Tegaskan bahwa Anda peduli dan arahkan pembicaraan pada topik seputar produk yang secara tidak langsung dapat membangun citra produk/brand Anda.

  • Tipe Regular (Setia pada Brand Anda)

Karakteristik:

Konsumen ini adalah konsumen setia Anda yang selalu kembali ke toko Anda karena mendapatkan apa yang mereka cari ketika berbelanja.

Trik:

Hargai kesetiaan mereka dan selalu lakukan riset kecil untuk mengetahui spesifikasi produk yang mereka butuhkan di masa mendatang. Kenali tipe konsumen Anda dengan membuat program loyalitas konsumen yang berharga bagi mereka untuk mempertahkan kesetiaan.

Tak kenal maka tak sayang. Setelah mengenal lebih dalam tentang karakteristik konsumen Anda, tak ada salahnya menyenangkan mereka dengan cara yang bijak sebagai bentuk kasih sayang.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut terkait pengenalan terhadap konsumen lebih mendalam, Anda dapat meninjau artikel Business-Know-How di sini.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *